Senin, 25 September 2017

Cara Alami Cegah Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan penyakit pada saluran cerna yang sangat berbahaya. Usus buntu terletak di bagian kanan perut, sehingga jika Anda merasakan nyeri pada bagian perut kanan bawah, bisa jadi Anda menderita usus buntu.

Radang usus buntu kebanyakan menyerang orang yang berusia 10 dan 30. Lebih dari itu, lebih biasa terjadi pada pria daripada wanita. Setiap tahun, di Amerika Serikat, lebih dari 250.000 orang memilih operasi untuk mengangkat usus buntu mereka karena radang usus buntu.

Banyak orang memilih jalan operasi untuk mengatasi radang usus buntu. Operasi pengangkatan usus buntu tidak mempengaruhi kondisi kesehatan. Namun, penyakit usus buntu berpotensi memicu komplikasi yang sangat serius. Tapi tahukah Anda bahwa masih ada cara alami yang bisa Anda gunakan sebagai pengobatan tambahan?

Banyak mengonsumsi air putih
Cara termudah untuk mencegah usus buntu adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih. Air putih bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Feses yang keras bisa dilunakkan dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Mereka yang kurang konsumsi cairan, tubuhnya akan rentan untuk terkena sembelit serta radang usus buntu. Orang yang duduk selama berjam-jam di depan komputer juga rentan sembelit sehingga diwajibkan untuk mengonsumsi 8 gelas air per harinya.

Batasi asupan kafein dan alkohol
Kafein dan alkohol adalah dua zat yang dapat menyebabkan sembelit, yang menjadi cikal bakal radang usus buntu pada kemudian hari. Mulai hari ini, batasilah konsumsi minuman ataupun makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, serta minuman beralkohol.

Perbanyak Konsumsi makanan berserat
Makanan yang tinggi serat adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah usus buntu. Alasannya, radang yang ada di usus buntu banyak disebabkan oleh penumpukan feses. Bisa dikatakan bahwa orang yang terkena sembelit memiliki risiko untuk terkena radang usus buntu.
Oleh sebab itu, orang yang sering sembelit ada baiknya mengonsumsi makanan tinggi serat seperti agar-agar, sayur, dan buah. Serat baik untuk pencernaan karena akan melunakkan feses sehingga buang air besar menjadi lancar. Feses yang keras akan menyumbat usus, terutama usus buntu.

Mengonsumsi Minyak Jarak
Minyak jarak adalah obat alami yang efektif untuk radang usus buntu. Satu bungkus minyak jarak dapat membantu meringankan penyumbatan dan mengurangi peradangan, dan minyak jarak dikonsumsi melalui mulut dapat membantu mengatasi sembelit dan meningkatkan buang air besar

Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang putih memiliki potensi terapi anti-inflamasi yang membantu dalam mengatasi radang usus buntu. Ini membantu mengurangi peradangan serta rasa sakit. Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah saat perut dalam keadaan kosong setiap hari. Anda juga dapat menggunakan bawang putih dalam setiap masakan anda.

Mengonsumsi Jahe
Karena sifat anti-inflamasi, jahe juga membantu mengatasi radang usus buntu. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan, jahe juga membantu meringankan gejala umum dari muntah dan mual.

Mengonsumsi Lemon
Lemon juga sangat bermanfaat dalam mengobati radang usus buntu. Perasan jeruk alami dalam lemon membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah gangguan pencernaan serta sembelit. Sebagai tambahan, vitamin C dalam lemon meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi.

Mengonsumsi Daun Mint
Daun Mint adalah obat rumahan lain yang efektif untuk mengatasi radang usus buntu. Ini dapat membantu mengobati gas pada usus serta muntah dan mual. Daun Mint juga membantu menghilangkan rasa sakit karena radang usus buntu.

Vitamin A dan D
Selain serat, konsumsi vitamin A dan D juga diyakini merupakan salah satu cara mencegah radang usus buntu.
Vitamin A membantu sel darah putih melawan infeksi, sementara vitamin D melawan bakteri dan infeksi pada tingkatan yang lebih tinggi. Dua vitamin ini wajib ada dalam asupan makanan jika Anda ingin mencegah radang usus buntu.

Jangan Menunda buang air besar (BAB)
Menahan BAB mungkin terdengar sepele, namun faktanya orang yang suka menunda BAB akan lebih mungkin mengalami sembelit. Kondisi sembelit akibat kerasnya feses berpotensi menyebabkan usus buntu. Agar dapat mencegah radang usus buntu, segeralah buang air besar saat dorongan itu tiba.

Itulah berbagai cara alami untuk mencegah Anda terkena usus buntu. Jika penyakit usus buntu tidak segera diobati, hal ini dapat mengakibatkan pecahnya usus buntu. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.


0 komentar:

Posting Komentar