Senin, 13 Maret 2017

3 Sayuran yang tidak boleh dimakan mentah


Banyak orang mengatakan jika sayuran yang dimakan mentah lebih sehat dibanding dengan sayuran yang sudah di masak. Akan tetapi faktanya, tidak semua sayuran boleh dimakan mentah. Soalnya menurut beberapa penelitian, sayuran-sayuran tersebut bukannya mendatangkan manfaat jika dimakan mentah, tapi malah akan mengganggu kesehatan tubuh anda. Kalau dimakan mentah, zat yang terkandung dalam sayuran ini malah kurang bagus buat pencernaan yang bisa mengganggu kesehatan anda.

Anda pensaran? Sayuran apa saja yang tidak boleh dimakan mentah? Mari simak baik-baik mengapa ke-3 sayuran ini perlu dimasak.

Kentang…
Kentang mengandung solanin yang tinggi. Tidak hanya perlu dikupas dan dimasak, untuk mengolah kentang juga perlu memastikan tidak ada bagian yang berwarna kehijauan.
Soalnya bagian yang berwana hijau itulah yang mengandung banyak solanin, dan tidak boleh untuk dimakan. Kalau anda ingin memastikan kentang bebas solanin, maka anda bisa mengupas kentang lebih dalam hingga warna hijaunya terbuang dan merendamnya terlebih dahulu dengan air garam sebelum dimasak.

Terong…
Sayuran berwarna ungu dan ada yang berwarna hijau ini ternyata tidak boleh dimakan mentah. Karena, terong mengandung solanin yang tinggi seperti halnya kentang. Apabila terlalu banyak mengonsumsi solanin, maka anda bisa merasakan gejalanya seperti; pusing, mual-mual, kram perut, hingga keracunan. Untuk mengurangi kandungan solanin pada terong, anda harus memasaknya terlebih dahulu dengan benar. Tentunya memakan sayur terong dengan rasa asin atau pedas lebih nikmat dibandingkan dengan memakan sayur terong dengan rasa yang hambar(mentah).

Buncis…
Sayuran berwarna hijau yang enak saat dimakan ini juga tidak boleh dimakan mentah. Hal ini disebabkan kandungan zat Glikosida Sianogen yang tinggi pada sayur buncis yang mentah. Akan tetapi, saat Buncis di masak, zat Glikosida Sianogen pada buncis bisa ternetralisir dengan baik dan mendatangkan banyak manfaat buat tubuh kamu.

Anda harus mengingat baik-baik semua sayuran ini yah. Jangan lupa bilang kepada keluarga anda di rumah bahwa ketiga sayuran tersebut tidak boleh dimakan mentah, karena ada bahaya tersendiri di balik sayuran tersebut. Tujuannya agar kamu dan keluarga kamu tetap sehat selalu.

Semoga Artikel Diatas Dapat Bermanfaat Bagi Anda.



0 komentar:

Posting Komentar