Jumat, 03 Maret 2017

5 Manfaat Tertawa


           Tertawa adalah suatu reaksi alami tubuh ketika kita menemukan sesuatu yang lucu, entah itu dalam bentuk gambar, gerakan sesorang yang unik, suara, atau kenangan.

           Saat Tertawa, Hormon Steroid dari golongan glukokortikoid (Kortisol) dan tingkat adrenalin dalam tubuh yang dianggap stress, dapat berkurang sehingga apabila seseorang yang lebih sering tertawa dibandingkan dengan orang yang jarang tertawa lebih sehat orang yang sering tertawa, karena tertawa dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

           Menurut Penelitian di Harvard University pada tahun 2012 menemukan bahwa tertawa mampu meningkatkan imunitas(daya tahan tubuh) seseorang terhadap rasa sakit. Penelitian lain di University of Maryland menyarankan agar kita tertawa minimal sekitar 5-10 menit dapat melancarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah. Menonton acara tv yang membuat Anda bisa tertawa sekitar 30 menit setelah makan, dapat membatasi kenaikan kadar glukosa darah. Sedangkan Penelitian di University of Arizona menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan kesehatan jantung.

           Tertawa juga dapat meningkatkan proses pernapasan, yang pada akhirnya akan membantu oksigenasi darah yang mengalir ke otak dan seluruh tubuh.

Selain apa yang disebutkan diatas tadi, ada 5 manfaat yang mungkin anda belum ketahui:

Melancarkan aliran darah…
           Saat seseorang tertawa, hal itu sama saja dengan dia sedang melancarkan peredaran darah di dalam tubuhnya. Karena dengan tertawa, otot dan pembuluh darah akan merenggang. Dengan begitu peredaran darah menjadi lancer. Berbeda dengan orang yang cemberut, cemberut akan menyebabkan otot saraf dan pembuluh darah menyempit. Akibatnya orang yang cemberut akan mudah sekali terkena penyakit.

Cegah stress…
           Salah satu manfaat tertawa yang paling nyata adalah dapat mencegah timbulnya stress. Hormon penyebab stress tidak akan menyerang orang yang perasaannya selalu gembira dengan tertawa. Saat tertawa hormone penyebab stress seperti epinephrine(Hormon Adrenalin) dan juga kortisol(Hormon Steroid) akan menurun saat anda tertawa.

Sehatkan Jantung…
           Saat tertawa, otot diafragma di dalam jantung juga ikut bergerak. Akibatnya adalah otot diafragma jantung yang ikut bergerak dapat membuat jantung anda lebih sehat.

Turunkan Kadar Gula Darah…
           Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, mungkin tertawa dapat menjadi salah satu cara untuk bias menurunkan kadar gula darah. Tertawa dengan lepas bisa berpengaruh terhadap system neuroendokrin(Jaringan yang sangat kompleks dan dikontrol ketat dari hormone yang dilepaskan oleh kelenjar endokrin(system control kelenjar tanpa saluran)seluruh tubuh). Sistem Neuroendokrin yang berfungsi secara optimal bias mempercepat penurunan kadar gula di dalam tubuh.

Bakar Kalori…
            Kalori merupakan sesuatu yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk(obesitas) dan tidak sehat. Manfaat yang ajaib dari tertawa adalah tertawa bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita. Tidak tanggung-tanggung, kalori yang dibakar sebanyak 10-50 kalori dalam 15 menitnya. Bayangkan apabila anda tertawa dalam waktu 1 jam setiap harinya, berapa banyak kalori yang terbakar dalam tubuh anda, apalagi anda mempunyai tubuh yang kelebihan kalori(gemuk). Tertawa adalah salah satu alternative untuk mengurangi kalori berlebih yang ada di tubuh anda hehe…



Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk anda


0 komentar:

Posting Komentar