Minggu, 05 Maret 2017

Infeksi Serius yang Muncul Akibat HIV


   HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang system kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pengidap HIV tidak akan berubah menjadi AIDS.

Orang yang memiliki HIV/AIDS dapat menghadapi ancaman kesehatan serius dari Virus, Bakteri, atau parasite tertentu yang dikenal sebagai infeksi oportunistik. Infeksi ini disebut “Oportunistik” karena mereka mengambil keuntungan dari system kekebalan tubuh yang melemah, dan komplikasi bisa berakibat fatal.

Apa saja infeksi oportunistik dari komplikasi HIV?

Kanker…

Ada beberapa kanker yang dianggap sebagai infeksi oportunistik, misalnya:

*Kanker Serviks Invasif yang dimulai di dalam leher Rahim yang kemudian menyebar(menjadi invasive(menyerbu)) ke bagian tubuh yang lainnya. Kanker ini dapat dicegah dengan cara anda meminta perawat anda menjalankan pemeriksaan yang rutin.

*Sarkoma Kaposi(KS) yang disebabkan oleh virus herpes manusia. KS menyebabkan pembuluh darah kecil(Kapiler) tumbuh secara tidak normal. KS dapat berakibat fatal apabila sudah mempengaruhi organ dalam tubuh, seperti paru-paru, kelenjar getah bening atau usus.

Tuberkulosis (TB)…
Infeksi Tuberkulosis(TB) disebabkan oleh bakteri tuberculosis. TB dapat disebarkan melalui udara ketika seseorang yang memiliki TB aktif batuk, bersin, atau berbicara. Penghirupan bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi di Paru-paru. Gejala yang muncul apabila bakteri Tuberculosis menginfeksi paru-paru yaitu; batuk, kelelahan, penurunan berat badan, demam, dan berkeringat dimalam hari. Banyak orang yang mengira bahwa gejala TB hanya menginfeksi paru-paru saja, ternyata penyakit tersebut dapat mempengaruhi organ tubuh yang lainnya seperti; kelenjar getah bening, otak, ginjal, atau tulang.

Pneumonia…
Infeksi Pneumocystis termasuk infeksi Oportunistik yang paling serius bagi penderita HIV. Ini disebabkan oleh beberapa Jamur seperti Coccidiodomycosis, Cryptococcosis, Histoplasmosis, Pneumocystis jirovecil. Beberapa bakteri seperti Pneumococcus, dan beberapa Virus seperti Cytomegalovirus atau Herpes Simplex. Pneumonia(PCP) adalah penyebab kematian utama di antara pasien HIV akibat komplikasi.

Cryptococcus Neoformans…
Jamur Cryptococcus Neoforman adalah jamur yang biasanya ditemukan di dalam tanah. Infeksi ini terkadang hanya di Paru-paru, tetapi juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, misalnya ke kulit, tulang, atau ke saluran kemih(air kencing). Jamur biasanya masuk ke dalam tubuh melalui paru-paru dan dapat menyebabkan pneumonia. Jamur ini juga dapat menyebar ke otak, meyebabkan pembengkakan otak. Jika terinfeksi, kondisi ini disebut Cryptococcal meningitis

Cara terbaik untuk mencegah infeksi Oportunistik adalah dengan mematuhi pengobatan dan terapi perawatan HIV sesuai yang sudah di jadwalkan oleh dokter.



Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar