Sabtu, 11 Maret 2017

Masalah kesehatan di Balik Rasa Kesemutan


        Kesemutan adalah sebuah rasa tidak normal di daerah persarafan, seperti rasa di tusuk-tusuk atau keram. Meski kerap sepele bagi sebagian orang, kejadian tersebut bisa mejadi pertanda kondisi kesehatan tertentu.

Arti kesemutan bagi kondisi kesehatan anda:

Kekurangan vitamin…
        Vitamin B1, B6, B12, E, dan niacin sangat penting untuk kesehatan saraf. Jika kita kekurangan salah satu vitamin tersebut, maka gejala kesemutan atau baal tidak dapat dihindari. Bahkan, kekurangan vitamin B12 yang berlangsung lama juga bisa menyebabkan Anemia (kekurangan darah).

Diabetes militus…
        Lebih dari 45% penderita penyakit Diabetes Melitus akan mengalami keluhan kesemutan, atau biasa disebut Neuropati Perifer. Untuk mengurangi gejala kesemutan terhadap seseorang yang menderita penyakit Diabetes adalah dengan mengurangi kadar gula darah dengan baik dan benar.

Saraf Punggung Terjepit…
        Hernia Nucleus Pulposus atau biasa di sebut sebagai HNP, merupakan suatu kondisi dimana saraf tertekan akibat penonjolan(hernia), sebagian atau seluruh bantalan tulang belakang(nucleus pulposus). Saraf kejepit terjadi karena benturan keras yang mengakibatkan saraf tertekan karena benjolan atau karena tertekan oleh tulang.
Apabila saraf terjepit terjadi di leher gejalanya berupa nyeri leher yang menjalar ke tangan. Apabila di punggung gejala nyerinya menjalar sampai ke kaki. Nah nyeri ini biasanya disertai dengan kesemutan, baal, dan gangguan persarafan lainnya.

Stroke…
        Kesemutan biasanya terjadi pada stroke yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah di otak, yang mengakibatkan kerusakan pada saraf. Selai kesemutan, gejala lainnya dapat berupa lumpuh, baal, penglihatan blur atau kabur, sakit kepala, dan bicara tidak jelas.

Penyakit Autoimun dan Saraf…
        Penyakit multiple sclerosis, tumor otak, gullain-bare syndrome, lupus, rheumatoid arthritis juga dapat mengakibatkan kesemutan. Dan masalah kesehatan dibalik rasa kesemutan yang terakhir adalah akibat Obat.

Efek Samping Obat…
        Kesemutan juga bisa disebabkan oleh efek samping obat. Beberapa jenis obat yang diduga berdampak demikian adalah obat TBC(Tuberculosis)-yaitu INH, obat kemoterapi, anti-kejang, dan beberapa jenis antibiotic.

Mengejutkan Bukan? Jadi mulai saat ini, jika anda merasakan rasa kesemutan yang kerap timbul, baik yang sementara atau tidak kunjung hilang maka segeralah ke Dokter agar dapat mengetahui masalah yang anda rasakan.



Semoga Artikel Diatas Dapat Bermanfaat Bagi Anda…


0 komentar:

Posting Komentar